Selasa, 12 Mei 2009

Newcastle-bebas dari zona merah



Setelah menunggu selama lima pertandingan, pelatih anyar Alan Shearer akhirnya berhasil mempersembahkan kemenangan pertama bagi Newcastle United sekaligus membawa The Toon Army meninggalkan zona degradasi Liga Premier dengan memukul Middlesbrough 3-1, Senin (11/5).

Donasi tiga angka ini membuat Newcastle naik ke posisi 17 dengan mengemas nilai 34, sama dengan perolehan Hull City. Namun karena Newcastle unggul selisih gol maka mereka berhak meninggalkan zona degradasi dan menggusur Hull. Middlesbrough sendiri terpuruk di posisi 19 dengan 31 angka.

Middlesbrough langsung mengejutkan ribuan pendukung Newcastle saat laga baru berjalan tiga menit dengan memimpin terlebih dulu melalui gol bunuh diri Habib Beye yang secara tidak sengaja menyentuh bola tepisan kiper Steve Harper.

Selang tiga menit kemudian, Newcastle nyaris menyamakan kedudukan, namun tendangan penyerang Mark Viduka masih mengenai tiang gawang, sedangkan bola rebound yang disambar Steven Taylor masih melambung.

Newcastle akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit kesembilan. Kali ini Taylor tidak membuang kesempatan emasnya dengan melepaskan sundulan akurat meneruskan umpan penjuru Jonas Gutierrez.

Pada pertengahan babak pertama, Newcastle nyaris berbalik unggul, sayangnya tandukan Michael Owen yang meneruskan umpan Viduka dengan gemilang mampu ditepis kiper Bradley Jones.

Laga berjalan setengah jam, giliran Middlesbrough yang mendapat peluang emas melalui tusukan Marvin Emnes, namun masih dapat ditepis Harper. Bola muntah yang coba disambar Emnes pun masih melebar.

Beberapa menit setelah turun minum, Middlesbrough kembali mendapat kesempatan untuk menjebol gawang Newcastle, sayangnya Harper dengan baik mampu menepis tendangan Gary O'Neill.

Di tengah kebuntuan, Shearer memutuskan memasukkan Martins guna menggantikan Owen. Keputusan ini sangat tepat karena baru satu menit berada di lapangan eks pemain Inter Milan itu mampu membawa Newcastle berbalik memimpin pada menit ke-70.

Newcastle memastikan raihan tiga angka empat menit sebelum bubaran setelah pemain pengganti lainnya Peter Lovenkrands dengan baik menyambar umpan silang Kevin Nolan.





0 komentar:

Posting Komentar